Pengungsi Dieng mulai pulang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) banjarnegara, jawa tengah, selama hari ini melaporkan kiranya sebagian sulit pengungsi di dataran tinggi dieng mulai kembali pulang, pasca-gempa dan terjadi jumat (19/4).

berdasarkan pantauan kami pagi ini, ada pengungsi telah mulai pulang. tapi, ada serta dan masih bertahan selama pengungsian, tutur kepala pelaksana harian bpbd banjarnegara tursiman, selama posko siaga darurat bencana kawah timbang, kecamatan batur, banjarnegara, minggu.

sebagian pengungsi yang baru bertahan dalam pengungsian, kata dia, merupakan penduduk yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa dan terjadi di jumat malam 2012.

menurut dia, persentasi pengungsi dalam sabtu malam mengalami penyusutan dibanding malam sebelumnya yang lebih dari 5.000 orang dan tersebar dalam tujuh info pengungsian.

Informasi Lainnya:

jumlah pengungsi di atas malam kurang lebih 3.000 orang, katanya.

salah benar pengungsi daripada desa kepakisan, kecamatan batur, faturahman, mengemukakan kiranya keluarganya masih bertahan dalam objek wisata pengungsian desa dieng kulon, kecamatan batur, bersama istri dan dua anaknya sambil menunggu instruksi lebih lanjut daripada pemerintah.

jika situasi telah dinyatakan tidak berbahaya, maka dia siap menimbulkan pengungsian walaupun supaya tetapi harus tinggal di tenda darurat dan didirikan selama lapangan desa sebab rumahnya rusak berat akibat gempa.

saya sesungguhnya sempat pulang ke rumah, tapi sekarang terserah lagi ke pengungsian sebab semalam, kurang lebih pukul 23.00 wib, terasa banyak gempa, tutur petani kentang serta sayuran tersebut.

menurut dia, banyak rumah penduduk desa kepakisan yang rusak berat akibat gempa yang terjadi di jumat malam.

oleh karena tersebut, dia mengharapkan, adanya santunan dari pemerintah untuk meningkatkan rumah-rumah penduduk yang rusak.

statusnya sudah rumah pribadi, tapi jika ada santunan daripada pemerintah tentunya amat berarti kepada kami, katanya.

berkaitan dengan bantuan logistik di pengungsian, dia mengemukakan, tidak mempermasalahkannya sebab telah tercukupi.

tinggal dalam pengungsian memang tak enak. tapi, kami berterima kasih atas bantuan daripada pemerintah dan warga dan sudah melayani serta menampung kami untuk ternyata waktu, katanya.

petugas pos komando (posko) siaga darurat bencana kawah timbang, andri sulistyo, menyampaikan bahwa pengungsi pada desa dieng kulon minta untuk dipulangkan ke desa masing-masing, seperti kepakisan juga pekasiran.

kami pagi ini mengirim tiga truk ke desa dieng kulon agar memulangkan kaum pengungsi, ujarnya.