Pembangunan jalan utara Pariaman segera dimulai

pembangunan jalan dua jalur dalam pihak utara kota pariaman, sumatera barat, mulai daripada simpang apar sampai stasiun padang biriak biriak dijadwalkan dimulai dalam tahun ini.

anggarannya sudah ditentukan, tinggal pengerjaannya. sejauh ini, tak ada kendala selama lapangan, malah antusiasme pembangunan jalan dua jalur ini justru datang daripada masyarakat kurang lebih, tutur kepala badan perencanaan pembangunan daerah (bappeda) kota pariaman yaminu rizal di pariaman, jumat.

dia menambahkan, persentasi anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan dalam 2013 ini sebesar rp2,9 miliar lebih.

anggaran itu akan dimanfaatkan agar pembangunan fisik jalan, seperti pengaspalan, pembuatan trotoar, dan drainase, tambahnya.

Informasi Lainnya:

sebelumnya, selama 2012, pada info yang sama, pemkot setempat telah mengalokasikan anggaran sebesar rp5,8 miliar supaya uang ganti rugi tanah dan bangunan.

jalan dua jalur sepanjang dua kilometer lebih itu berada dalam kecamatan pariaman utara dan melintasi lima desa selama kecamatan tersebut, meliputi desa padang biriak biriak, balai nareh, nareh 1, nareh hilir, dan apar.

sementara itu, dia menambahkan, pada samping pembangunan jalan dua jalur selama bagian utara kota itu, pemkot setempat serta mau melanjutkan pembangunan jalan dua jalur selama bagian selatannya, sekalipun hingga saat ini rencana pembangunannya masih terkendala persoalan pembebasan lahan.

belum berbagai lahan yang telah disetujui pembebasan serta ganti ruginya. penyebabnya, banyak yang sebab pemilik tanah tak berada di sumatera barat, serta ada dan yang sebab memang belum sepakat dengan nominal ganti ruginya, sambungnya.

meskipun begitu, dia optimistis, persoalan itu dapat diatasi.

kita optimistis mampu beres, karena lokasi kita kan demi membenahi infrastruktur umum, yang nantinya diharapkan turut menunjang tumbuh kembang upaya-upaya dalam daerah kurang lebih, dalam samping memperlancar akses penduduk pada berlarut lintas, katanya.